RESENSI
BUKU
MATA
KULIAH DASAR UMUM
BAHASA
INDONESIA
(MKDU4110)
UNTUK
MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH :
Bahasa
Indonesia (MKDU4110)
Tutor
:
Erni
Nurilah, S.Pd, M.M.Pd.
OLEH :
Nama : Sarah Annisyah Putri
NIM : 02134*****
UPBJJ-UT : BOGOR
RESENSI
BUKU
MATA
KULIAH DASAR UMUM
BAHASA
INDONESIA
(MKDU4110)
Judul Buku : Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia
Penulis : 1. Dra. Yeti Mulyanti, M.Pd.
2. Dra. B. Esti Pramuki, M.Pd.
3. Nunung Supratmi, S. Pd.
4. Dra. Lis Setiawati, M.Pd.
5. Drs. Asep Supriyana.
Penerbit :
Universitas Terbuka
Jumlah Modul : 9 Modul
Jumlah Halaman : 375 Halaman
ISBN :
978-979-011-341-1
Mata Kuliah dasar
umum Bahasa Indonesia. Mata kuliah ini berisi tentang perkembangan sejarah
bahasa Indonesia, hakikat bahasa, keterampilan berbicara, serta peningkatan
kemampuan berbahsa Indonesia meliputi menyimak, berbicara, membaca. Dan
menulis. Di tunjang juga dengan kegiatan mendengarkan oleh mahasiswa dengan
menggunakan bahan ajar pendamping berupa CD. Kemudian, ada kegiatan latihan dan
test formatif pada setiap kegiatan belajar pada masing-masing modul, agar
setalah membaca kegiatan belajar maka mahasiswa harus menguji kemampuannya
dengan mengerjakan test tersebut. Juga pada setiap modul di lengkapi dengan
kunci jawaban dan glosarium.
Modul 1 berjudul
“Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia” terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu
yang pertama tentang “Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia dan yang
kedua berjudul “Peran dan Fungsi Bahasa Indonesia”. Pada modul ini menjelaskan
dengan rinci, dan materinya cukup mudah di pahami, namu terlalu banyak
penjelasan para ahli tentang kedudukan bahasa Indonesia, latihan soalnya pun
tidak terlalu sulit dikerjakan.
Modul 2 berjudul “Hakikat Bahasa Indonesia”. Modul
ini terdiri dari dua kegiatan belajar yang pertama tentang “Hakikat, Sifat,dan
Fungsi bahasa” dan yang kedua tentang “Keterampilan Bahasa Indonesia.” Pada
modul ini menjelaskan tentang memahami manfaat bahasa bagi persatuan dan kesatuan
bangsa, menjelaskan fungsi dan sifat bahasa itu sendiri, dan jug tentang
keterampilan dalam berbahasa Indoensia. Ada kekurangan pada modul ini yaitu terdapat kesalahan penulisan kata
“ideoleg dan dialeg” seharusnya cara penulisannya yaitu “idiolek dan dialek”,
karena jika salah penulisan akan salah juga dalam mengartikan maksudnya. Selebihnya tentang
modul ini materi yang disampaikan sudah jelas dan mudah dimengerti, juga
latihan soalnya tidak terlalu rumit.
Modul 3 berjudul
“Menyimak. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu yang pertama
tentang “Hakikat menyimak”, dan yang kedua tentang “Menyimak Informatif”. Dalam
modul ini membahas tentang hakikat menyimak, jenis-jenis keterampilan menyimak
dan berlatih menyimak. Dalam kegiatan berlatih menyimak selain latihan yang
dibaca ada juga melalui audio yang berbentuk CD. Namun ketika akan membuka CD
tersebut akan kesulitan dalam memutarnya jika tidak ada media, dan hal tersebut
sangat menghambat untuk mengerjakan latihan soalnya.
Modul 4 berjudul “
Membaca Karya Ilmiah Populer. Modul ini berisi dua kegiatan belajar yaitu yang
tentang “ Hakikat Membaca” dan yang kedua tentanag “Hakikat Karya Ilmiah dan
Karya Ilmiah Populer”. Materi yang disampaikan oleh modul ini membahas tentang
hakikat membaca , tingkatan-tingkatan membaca dan macam-macam karya ilmiah yang berguna bagi mahasiswa.
Dalam penyampaiannya pada modul ini mudah di pahami, dan latihan soalnya pun
tidak terlalu sulit dalm mengerjakannya.
Modul 5 berjudul ”Penerapan
Kemampuan Membaca”. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu yang
pertama tentang “Mengungkapkan Isi Bacaan” dan yang kedua tentag “Menilai Isi
Bacaan”. Modul ini membantu berlatih meningkatkan keterampilan membaca terutama
berkenaan dengan bahan bacaan non fiksi. Selain itu juga membantu meningkatan
dalam keterampilan menilai suatu bacaan. Latihan soalnya pun juga tidak terlalu
sulit untuk dikerjarkan.
Modul 6 berjudul
“Berbicara”. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar yang pertama tentang
“Hakikat Berbicara” dan yang kedua tentang “Berbicara Formal”. Modul ini
menjelaskan tentang cara-cara berbicara yang baik dan menjelaskan
tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan berbicara,
terutama dalam berbicara formal. Selain itu juga, modul ini menjelaskan tentang
contoh-contoh kegiatan berbicara formal.
Latihan soalnya juga pun cukup mudah dikerjakan dan tidak terlalu sulit.
Modul 7 berjudul “
Hakikat Menulis”. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu yang
pertama tentang “Konsep Menulis dan Jenis-jenis Tulisan” dan yang kedua tentang
“Pengembangan Paragraf”. Dalam modul ini materi yang disampaikan jelas dan
rinci. Seperti, menjelaskan kalimat efektif, syarat-syarat pengembangan
paragraf. Namun dalam penjabarannya contohnya agak sedikit rumit dan
kurang bisa untuk dipahami. Dalam latihannya soalnya tidak terlalu mudah dan
tidak terlalu sulit. Jika memahami isi modul ini pasti akan mudah untuk
mengerjakan soal latihannya tersebut.
Modul 8 beejudul “Menulis
Ringkasan dan Resensi”. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu, yang
pertama tentang “Menulis Ringkasan” dan yang kedua tentang “Menulis Resensi”. Pada
modul ini menjelaskan cara menilai sebuah ringkasan. Dalam penjelasan materinya cukup jelas. Namun dalam
kegiatan belajar dua tentang Menulis
Resensi tidak ada contohnya sehingga agak sulit untuk dipahami. Sehingga
berpengaruh dalam mengerjakan latihan soalnya.
Modul 9 berjudul
“Menulis Makalah”. Modul ini terdiri dari dua kegiatan belajar yaitu, yang
pertama tentang “Rancangan Karangan” dan yang kedua tentang “Menulis Makalah”.
Modul ini berisi banyak contoh-contoh dalam langkah-langkah pembuatan makalah.
Materi yang dijabarkan pada modul ini cukup jelas dan rinci. Modul ini membantu
mahasiswa dalam membuat makalah. Dalam latihan soalnya juga tidak terlalu sulit
untuk di kerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar